Selasa, 22 Juni 2010

iman dan ihsan


Dienul Islam mencakup tiga hal, yaitu: Islam, Iman dan Ihsan. Islam berbicara masalah lahir, iman berbicara masalah batin, dan ihsan mencakup keduanya. Ihsan memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari iman, dan iman memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari Islam. Tidaklah ke-Islaman dianggap sah kecuali jika ada iman, karena konsekuensi dari syahadat mencakup lahir dan batin.
Pada saat Malaikat Jibril bertanya tentang konsep Iman, Islam dan Ihsan, Rasulullah Saw menjawab, ”Bahwa Iman ialah hendaklah Engkau mengimankan Allah, Malaikat Allah, Kitab kitab Allah, para Utusan Allah, Hari Qiyamat, dan mengimankan Taqdir, baik dan buruknya adalah ketentuan Allah. Islam ialah hendaklah engkau bersaksi bahwasanya tidak ada Tuhan yang patut disembah melainkan Allah, dan nabi Muhammad adalah UtusanNya, mendirikan Shalat, Menunaikan Zakat, berpuasa Ramadhan, dan berangkat Haji bila telah mampu. Sedangkan Ihsan yaitu hendaklah engkau beribadah kepada Allah seperti engkau melihatNYA, apabila tidak bisa demikian , maka sesungguhnya Allah melihat engkau”. (HR. Bukhari)
Ihsan berasal dari kata hasana yuhsinu, yang artinya adalah berbuat baik, sedangkan bentuk masdarnya adalah ihsanan, yang artinya kebaikan. Allah swt. berfirman. “Jika kamu berbuat baik, (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri…” (QS Al-Isra’: 7). Dan irfman Allah : “Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) seperti halnya Allah berbuat baik terhadapmu….” (QS. Al-Qashash: 77)
Ibnu Katsir menafsirkan ayat di atas dengan mengatakan bahwa kebaikan yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah kebaikan kepada seluruh makhluk Allah Swt
Ihsan adalah puncak ibadah dan akhlak yang senantiasa menjadi target seluruh hamba Allah Swt.  Sebab, ihsan menjadikan kita sosok yang mendapatkan kemuliaan dari-Nya. Sebaliknya, seorang hamba yang tidak mampu mencapai target ini akan kehilangan kesempatan yang sangat mahal untuk menduduki posisi terhormat di mata Allah Swt. Rasulullah Saw pun sangat menaruh perhatian akan hal ini, sehingga seluruh ajaran-ajarannya mengarah kepada satu hal, yaitu mencapai ibadah yang sempurna dan akhlak yang mulia.
Oleh karenanya, seorang muslim hendaknya tidak memandang ihsan itu hanya sebatas akhlak yang utama saja, melainkan harus dipandang sebagai bagian dari akidah dan bagian terbesar dari keislamannya. Karena, Islam dibangun di atas tiga landasan utama, yaitu iman, Islam, dan ihsan, seperti yang telah diterangkan oleh Rasulullah saw. dalam haditsnya yang shahih. Hadist ini menceritakan saat Raulullah saw. menjawab pertanyaan Malaikat Jibril yang menyamar sebagai seorang manusia mengenai Islam, iman, dan ihsan. Setelah Jibril pergi, Rasulullah Saw. bersabda kepada para sahabatnya, “Inilah Jibril yang datang mengajarkan kepada kalian urusan agama kalian.” Beliau menyebut ketiga hal di atas sebagai agama, dan bahkan Allah Swt. memerintahkan untuk berbuat ihsan pada banyak tempat dalam Al-Qur`an.
“Engkau mengabdi kepada Allah, seakan-akan engkau melihat Dia. Kalau engkau tidak dapat melihat-Nya, yakinlah Dia pasti melihatmu.” (HR. Muslim)
Terjemahan hadis di atas merupakan potongan terjemahan hadis tentang Islam, iman, ihsan, dan tanda-tanda datangnya hari kiamat yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Lengkapnya terjemahan hadis tersebut adalah sebagai berikut. ”Dari Umar ra, beliau berkata : Pada suatu hari ketika kami duduk di dekat Rasulullah Saw, tiba-tiba muncul seorang laki-laki yang berpakaian sangat putih dan rambutnya sangat hitam. Pada dirinya tidak tampak bekas dari perjalanan jauh dan tidak ada seorang pun di antara kami yang mengenalnya. Kemudian ia duduk di hadapan Nabi Saw, lalu mendempetkan kedua lututnya ke lutut Nabi, dan meletakkan kedua tangannya di atas kedua pahanya, kemudian berkata, “Wahai Muhammad, terangkanlah kepadaku tentang Islam.” Kemudian Rasulullah Saw menjawab, “Islam yaitu hendaklah engkau bersaksi tiada sesembahan yang hak disembah kecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah. Hendaklah engkau mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa pada bulan Ramadan, dan mengerjakan haji ke rumah Allah jika engkau mampu mengerjakannya.” Orang itu berkata, “Engkau benar ” Kami menjadi heran, karena dia yang bertanya dan dia pula yang membenarkannya. Orang itu bertanya lagi, “Lalu terangkanlah kepadaku tentang iman”  Rasulullah Saw menjawab, “Hendaklah engkau beriman kepada Allah, beriman kepada para malaikatNya, kitab-kitabNya, para utusanNya, hari akhir, dan hendaklah engkau beriman kepada takdir yang baik dan yang buruk”  Orang tadi berkata, “Engkau benar”  Lalu orang itu bertanya lagi  ”Lalu terangkanlah kepadaku tentang ihsan.” (Beliau) menjawab, “Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Namun, jika engkau tidak dapat (beribadah seolah-olah) melihat-Nya, sesungguhnya Ia melihat engkau.” Orang itu berkata lagi, “Beritahukanlah kepadaku tentang hari kiamat ” Beliau menjawab, “Orang yang ditanya tidak lebih tahu daripada yang bertanya.” Orang itu selanjutnya berkata, “Beritahukanlah kepadaku tanda-tandanya” Beliau menjawab, “Apabila budak melahirkan tuannya dan engkau melihat orang-orang Badui yang bertelanjang kaki, yang miskin lagi penggembala domba berlomba-lomba dalam mendirikan bangunan.” Kemudian orang itu pergi, sedangkan aku tetap tinggal beberapa saat lamanya. Lalu Nabi Saw bersabda, “Wahai Umar, tahukah engkau siapa orang yang bertanya itu ?” Aku menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Lalu beliau bersabda, “Dia itu adalah malaikat Jibril yang datang kepada kalian untuk mengajarkan agama kalian.” (HR. Muslim)
Ihsan diartikan sebagai penglihatan diri Allah Swt kepada hamba-Nya dan penglihatan diri hamba kepada Allah Swt, hal ini dapat kita contohkan seperti sebuah cermin, di mana kita dapat melihat diri kita melalui cermin tersebut. Orang yang berbuat baik (muhsin) adalah orang yang dapat melihat Allah Swt baik melalui zat (nanti di hari kiamat) maupun sifatNya, dan apabila tidak bisa melihatNya maka yakinlah Allah Swt melihatnya. Dengan demikian, muraqabah yaitu perasaan diri diawasi oleh Allah Swt dalam segala hal, merupakan hal penting dan utama untuk dilakukan karena muraqabah adalah merupakan ihsan itu sendiri
Ihsan meliputi tiga aspek yang fundamental.  Ketiga hal tersebut adalah ibadah, muamalah, dan akhlak. Kita berkewajiban ihsan dalam beribadah, yaitu dengan menunaikan semua jenis ibadah, seperti shalat, puasa, haji, dan sebagainya dengan cara yang benar, yaitu menyempurnakan syarat, rukun, sunnah, dan adab-adabnya. Dengan kesadaran penuh bahwa Allah senantiasa memantaunya hingga ia merasa bahwa ia sedang dilihat dan diperhatikan oleh Allah, minimal akan membuatnya dapat menunaikan semua ibadah dengan sungguh-sungguh dan baik.  Inilah maksud dari perkataan Rasulullah Saw yang berbunyi, “Hendaklah kamu menyembah Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, dan jika engkau tak dapat melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu.”
Kini jelaslah bagi kita bahwa sesungguhnya arti dari ibadah itu sendiri sangatlah luas. Maka, selain jenis ibadah yang kita sebutkan tadi, yang tidak kalah pentingnya adalah juga jenis ibadah lainnya seperti jihad, hormat terhadap mukmin, mendidik anak, menyenangkan isteri/suami, bekerja, meniatkan setiap apapun yang kita lakukan untuk mendapat ridha Allah. Oleh karena itulah Rasulullah Saw menghendaki umatnya senantiasa dalam keadaan seperti itu, yaitu senantiasa sadar jika ia ingin mewujudkan ihsan dalam ibadahnya.Ihsan dijelaskan Allah Swt. pada surah An-Nisaa’ ayat 36 : “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.”  (QS. An-Nisaa’ 36)
Dalam bekerja, sebaiknya kita bekerja secara Ihsan, bekerja secara ihsan adalah bekerja dengan ikhlas, bekerja dengan mengharapkan pahala dan ridha dari Allah Swt.  Seorang yang bekerja secara ihsan akan melaksanakan pekerjaannya dengan sepenuh hati, baik ketika berada di halayak ramai maupun ketika berada sendirian sehingga dia boleh menghasilkan yang terbaik. Rasulullah Saw bersabda ” Sebaik-baik usaha adalah usaha tangan seorang pekerja apabila dia mengerjakannya dengan tulus” (HR. Ahmad)
Rasulullah Saw bersabda” Sesungguhnya Allah mencintai seorang pekerja apabila bekerja secara ihsan” (Diriwayatkan Baihaqi dan Thabrani dari Kulaib bin Syihab al-Jurmi).  Sesungguhnya Allah mewajibkan berlaku “ihsan” (bekerja secara berkualitas) atas segala sesuatu (HR. Muslim).
Jika kita ingin melihat nilai ihsan pada diri seseorang yang diperoleh dari hasil ibadahnya, maka kita akan menemukannya dalam muamalah kehidupannya. Bagaimana ia bermuamalah dengan sesama manusia, lingkungannya, pekerjaannya, keluarganya, dan bahkan terhadap dirinya sendiri.
Kesimpulannya, ihsan adalah puncak prestasi dalam ibadah, muamalah, dan akhlak. Oleh karena itu, semua orang yang menyadari akan hal ini tentu akan berusaha dengan seluruh potensi diri yang dimilikinya agar sampai pada tingkat tersebut.  Siapapun kita, apapun profesi kita, di mata Allah tidak ada yang lebih mulia dari yang lain, kecuali mereka yang telah naik ketingkat ihsan dalam seluruh sisi dan nilai hidupnya.
Islam adalah suatu system...........dimana systemnya terdiri atas 3 kerangka yaitu Rukun Iman, Rukun Islam dan Ikhsan.......
Rukun Iman berisi ilmu yang yang musti dicerna oleh akal ....dia masuk kedalam database otak..diolah oleh otak..( awaludin makrifatullah). hasil proses otak ditransfer ke qolbu (hati/jantung) oleh hati proses itu disimpulkan hanya dua macam...percaya atau tidak percaya....bila percaya..maka masuklah diri itu dalam proses aplikasi yang namanya rukun Islam...Aplikasi pertama sang diri wajib mengucapkan Syahadat...setelah itu sang diri wajib menegakkan sholat, zakat, puasa haji kalau mampu... Proses dari aplikasi Rukun Islam mengeluarkan output berupa Rukun Ikhsan yang hanya satu yaitu "Ihsan adalah kamu menyembah Allah Subhanahu wa Ta’ala seolah-olah kamu melihatNya. Bila kamu tidak dapat melihatNya, maka sesungguhnya Dia dapat melihatmu." berasal dari hadits shahih yang diriwayatkan oleh Umar bin khattab ra...Output ikhsan ini tidak terlihat dalam pengertian lafadznya tapi terlihat dari perubahan tingkah laku atau Akhlak...dan ini sesuai dengan sabda Rosul saw yang masyhur " Tidaklah aku diutus kecuali menyempurnakan akhlak yang mulia"
Proses "Rukun Iman --> Rukun Islam --> Rukun Ikhsan... adalah proses yang selalu berulang dalam diri seorang muslim dalam perjalanan hidupnya...proses perulangan inilah yang sedikit demi sedikit menambah keimanannya dan otomatis terjadi perubahan akhlak secara bertahap..sampai akhirnya pada suatu ketika dia diizinkan Allah "menyaksikan" ( musyahadah) kebesaranNya..
dan selama proses itu berlangsung dan selama sang muslim memperjalankan dirinya dengan syari'at Allah maka "sah" lah segala amalannya.. selama dia mengerjakannya tetap dalam koridor Al-qur'an dan hadits. Masalah "niat" dan kwalitas pemahaman adalah urusan dia dengan Allah swt .. kewajiban sesama muslim hanya sebatas mengamati yang terlihat.. disitulah letaknya area amar ma'ruf nahi mungkar...
Jadi...ukuran kwalitas Syahadat seseorang itu tercermin dalam kemuliaan akhlaknya..
maka bercermin diri bagaimana akhlak kita adalah pekerjaan seumur hidup dan bukan kita yang menilai tapi orang lainllah yang menilai,i esensinya melihat "kedalam" bukan melihat "keluar"........Sekarang dimana letaknya nafsu? sebenarnya lebih tepat kita menyebutnya "Hawa Nafsu" (sesuai istilah dalam AlQur'an...Surat AlFurqon ayat 43).. hawa nafsu sebenarnya adalah fasilitas yang diberikan Allah swt untuk kelangsungan hidup manusia ... seperti kawin, makan, minum dll. tapi dalam proses perjalanan hidup sang manusia ada "virus" yang sengaja merusak tatanan proses ini (..mirip2 virus komputer)..sehingga hawa nafsu yang tadinya adalah fasilitas untuk kelangsungan hidup oleh karena pengaruh virus ( syaitan) tadi terbelok kearah yang tidak diingini oleh Allah swt...maka proses menuju akhlakul karimah tidak tercapai malah sebaliknya yaitu akhlak buruk... ( alias hang.....)
Mudah2an kita dimudahkan Allah dalam menata akhlak kita.......amiin...

1 komentar: